Solusi Syariah

Solusi Syariah
Badan Hukum: 062/BH/XV.4/Kab.Slm/VIII/2010

Minggu, 24 Oktober 2010

IJARAH


a.       “Syari'ah”
adalah Hukum Islam yang bersumber dari Al Quran dan As Sunnah.

b.       “Ijarah”
adalah akad sewa-menyewa antara pemilik ma’jur (obyek sewa) dan musta’jir (pe-yewa) untuk mendapatkan imbalan atas obyek sewa yang disewakannya.
c.        “Mua’jjir”
        KSU Syari'ah Assalam sebagai pemilik barang modal.
d.       “Musta’jjir”
Nasabah sebagai pihak yang menyewa barang modal dari KSU Syari'ah Assalam  ( Mua’jjir)
e.        “Ma’ jur.”
adalah  objek atau barang modal yang dipersewakan.
f.        “Ajran atau Ujrah.”
adalah besarnya uang sewa (Ajran atau Ujrah) yang harus dibayar oleh Nasabah (Pe-nyewa atau Musta’jjir) kepada Bank (Mu’ajjir).
g.       “Pengakuan Utang Sewa”

Surat pengakuan dan kesanggupan Nasabah membayar sewa kepada KSU Syari'ah Assalam yang dibuat dan ditandatangani Nasabah dan diterima serta diakui oleh Bank dan oleh karenanya berlaku dan bernilai sebagai bukti sah tentang adanya kewajiban pembayaran sewa dari Nasabah kepada KSU Syari'ah Assalam sebesar jumlah sewa barang modal yang masih berutang.

h.       “Dokumen Jaminan”
Segala macam dan bentuk surat bukti tentang kepemilikan atau hak-hak lainnya atas barang yang dijadikan jaminan guna menjamin terlaksananya kewajiban Nasabah terhadap KSU Syari'ah Assalam berdasarkan Perjanjian.
i.         “Jangka Waktu Sewa-Menyewa”
Masa berlakunya Perjanjian sesuai dengan yang ditentukan.
j.       “Pembukuan Ijarah “
Pembukuan atas nama Nasabah pada KSU Syari'ah Assalam yang khusus mencatat seluruh transaksi Nasabah sehubungan dengan Perjanjian ijarah ini, yang merupakan bukti sah dan mengikat Nasabah atas segala kewajiban pembayaran, sepanjang tidak dapat dibuktikan sebaliknya dengan cara yang sah menurut hukum.
k.         “Cidera Janji”
“Cidera Janji” adalah keadaan tidak dilaksanakannya sebahagian atau seluruh kewajiban Nasabah yang menyebabkan Bank dapat menghentikan seluruh atau sebagian pembayaran atas harga beli barang termasuk biaya-biaya yang terkait, serta se-belum berakhirnya jangka waktu perjanjian ini menagih dengan seketika dan sekaligus jumlah kewajiban Nasabah kepada KSU Syari'ah Assalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar