Solusi Syariah

Solusi Syariah
Badan Hukum: 062/BH/XV.4/Kab.Slm/VIII/2010

Kamis, 28 Oktober 2010

KSU Syari'ah ASSALAM melaksanakan ekonomi syari'ah adalah untuk kemaslahatan umat.


Bismillah, Washshaltu Wassalamu 'ala Rasulillah, Waba'du.

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Kenapa KSU Syari'ah Assalam didirikan?

Secara faktual sistem ekonomi syari'ah melalui perbankan dan koperasi syari'ah telah terbukti menunjukkan keunggulannya di masa krisis. Ketika semua bank dan koperasi terguncang dan sebagian besar dilikuidasi, bank dan koperasi syari'ah aman dan selamat dari badai hebat tersebut karena "sistemnya bagi hasil".

Koperasi syari'ah tampil sebagai penyelamat ekonomi. Karena itu, sangat tidak logis dan irasional, jika ada pihak yang menolak kehadiran regulasi syari'ah. Jadi, yang hendak ditawarkan ekonomi syari'ah bukanlah ajaran agama tertentu, tetapi adalah nilai-nilai keadilan, kejujuran, transparansi, tanggung jawab, yang menjadi nilai-nilai universal bagi semua orang. Nilai-nilai itu berasal dari Alquran dan Hadis.

Tujuan KSU Syari'ah ASSALAM melaksanakan ekonomi syari'ah adalah untuk kemaslahatan seluruh bangsa, bukan kelompok tertentu. Pihak yang menolak, tidak setuju, sinis, harus berbesar hati dan bergembira dengan kehadiran koperasi yang berwawasan jender. Bukan malah takut dan membabi buta menolak dengan alasan sentimentil (hamiyyah) atau kebencian kepada agama tertentu.
 
Pemberdayaan oleh KSU Syari'ah Assalam Berwawasan Jender

Agar lebih cepat, pro kesetaraan Jender dalam setiap kegiatan dan program KSU Syari'ah Assalam diperlukan untuk kemaslahatan, kesejahteraan dan mempererat tali silaturrahmi yang berkelanjutan.
Model pemberdayaan yang dilakukan oleh KSU Syari'ah Assalam Berwawasan Jender, maksudnya berusaha mengidentifikasi permasalahan untuk pengembangan sumberdaya manusia dalam rangka peningkatan kualitas manusia dan kesejahteraannya  secara berkelanjutan bagi anggota dan lingkungan.
Penekanannya pada arah pengembangan sumberdaya manusia melalui pemberdayaan secara kooperatif yang memandang peranan manusia dalam pembangunan ekonomi perlu dijadikan sebagai titik sentral, agar manusia berperan dapat membuat strategi, merencanakan program dan kegiatan ekonomi, pelaksana dan pemanfaat hasil kegiatan ekonomi produktif secara bersama-sama. 
Pemberdayaan model KSU Syari'ah Assalam Berwawasan Jender sebenarnya adalah Pemberdayaan yang berpihak pada masyarakat, memprioritaskan potensi sumber daya manusia, dan merespons kebutuhan yang berbeda  antara laki-laki dan perempuan. 
Pemberdayaan yang dilakukan oleh KSU Syari'ah Assalam Berwawasan Jender bukanlah program atau kegiatan yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, melainkan strategi untuk mengintegrasikan isu jender  ke  dalam proses perencanaan program dan kegiatan usaha ekonomi produktif secara bersama-sama, serta pemanfaatan  masalah  dan potensi lingkungan,  sehingga koperasi dapat memberikan dampak dan manfaat yang  setara antara perempuan dan  laki-laki serta ramah lingkungan.


"Bersama Berbagi Solusi Syari'ah Bersama KSU Syari'ah ASSALAM, Minomartani, Sleman"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar